BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Kemajuan dunia informasi dan komunikasi serta komputer dewasa ini menunjukkan perkembangan yang signifikan pesatnya. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai design perubahan yang berwujud pada dinamika yang hadir dan terlahir untuk manusia dalam mengembangkan dunia ini. Hal tersebut sejalan dengan arah dan kebijakan pemerintah dalam membangun manusia indonesia kearah yang lebih baik.Penemuan disiplin ilmu pengetahuan tersebut juga sinergis dengan keinginan dari pada manusia itu sendiri dalam meningkatkan taraf hidupnya. Perkembangan dunia informasi dan komunikasi tersebut tidak bisa kita hambat, karena disamping menjadi kebutuhan dalam kehidupan, informasi juga mempunyai andil besar dalam membawa perubahan.
Tak jauh berbeda dalam komunitas kita di Banda Aceh ini, segala perangkat dunia teknologi, informasi dan komputer juga masih tertinggal dari daerah lain hal ini diakibatkan oleh fasilitas yang kurang memadai, sehingga hari ini kita mau tidak mau harus mengakui keunggulan manusia dari daerah lain dan bahkan dari negara lain di dunia ini. Padahal daerah ini terkenal sangat kaya dengan alam baik migas maupun non migas, namun dalam pengololaannya harus memakai orang lain yang lebih menguasai bidang tersebut.
Untuk itu diperlukan usaha-usaha yang lebih serius dalam menanggulangi permasalahan yang kompleks tersebut dengan melakukan berbagai langkah yang prefentif, antara lain :
Membuat berbagai pelatihan yang bisa menompang pemanfaatan kecanggihan ilmu TI dan komputer secara handal dan profesional. Usaha-usaha tersebut harus secara kontinue dilaksanakan tentunya dengan mendapat dukungan dari berbagai pihak baik pemda, LSM, OKP,Akademisi dan tokoh masyarakat banyak.
Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dalam usaha memasyarakatkan teknologi, informasi, komputer dan menteknologikan informasi kepada masyarakat.
Pemuda sebagai aset negara yang tak ternilai harganya merupakan komponen bangsa yang sangat potensial dalam melanjutkan perjuangan sebagai penyambung tongkat estafet yang telah lama dimainkan oleh generasi sebelumnya. Pemberdayaan keterampilan pemuda dalam rangka pemberdayaan, pengembangan, dan perlindungan pemuda sangat diperlukan agar mereka terarah kearah yang diharapkan oleh bangsa ini dan menambah ketrampilan hidup (life skill) yang akhir-akhir ini sangat diperlukan dalam kehidupan yang serba modern dan global. Maka pelatihan komputer dan teknologi informasi sangat dibutuhkan agar mereka siap berkompetensi dalam kehidupan ini
Sebagai seorang insan yang beriman dan bertaqwa maka telah menjadi kewajiban bagi diri kita semua untuk mencari rezeki dengan tangan kita sendiri, dan Islam yang menjadi landasan perjuangan kami mengatur hal ini sebagaimana firman Allah SWT : “…Dan kami jadikan tidurmu untuk istirahat, dan kami jadikan malam sebagai pakaian, dan kami jadikan siang untuk mencari penghidupan…….” (QS. An Naba’ : 9-11). Rasulullah SAW pun bersabda: “Tiada seorang makan makanan yang lebih baik, kecuali hasil usahanya sendiri. Dan Nabi Allah Daud AS juga makan dari hasil tangannya sendiri” (HR.Bukhori)
B. SASARAN
Sasaran dari kegiatan penyelenggaraan keterampilan ini ditujukan kepada pemuda/i yang memenuhi kriteria sebagai berikut :
1. Masih berusia Produktif (Usia 18-35 Tahun)
2. Mampu membaca, menulis dan berhitung
3. Berasal dari keluara yang kurang mampu
4. Belum mempunyai pekerjaan
5. Diutamakan yang belum menikah
C. TUJUAN
penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini adalah sebagai tempat untuk belajar dan menambah skill bagi peserta terhadap komputer dan internet sehingga dapat dipergunakan setiap saat dan menjadi peluang bagi pemuda untuk lebih memudahkan mereka dalam mencari pekerjaan dan terbentuknya pemuda yang cakap, handal dan terampil dengan kemampuan komputer serta internet yang baik sehingga mereka bisa berkompetensi dalam kehidupan ini dan meningkatkan taraf hidupnya.
D. Hasil Yang Diharapkan
1. Kelompok life skill binaan Forum Pemuda Produktif di Banda Aceh ingin memperlihatkan hal yan berbeda dengan manajemen terbuka yang mampu bekerja secara leluasa pada usaha yang sudah ada.
2. Kelompok usaha ini mampu berjalan sempurna, terutama dengan administrasi yang jelas dan etos kerja yang baik.
3. Semua unit usaha yang telah dicanangkan akan diaktifkan diharapkan mampu bekerja dengan baik dan menambah penghasilan.
BAB II
RUANG LINGKUP PROGRAM
A. Peserta Program.
Jumlah Peserta Program adalah 35 orang dan mereka pemuda/i yang memenuhi syarat sebagai berikut :
1. Masih berusia Produktif (Usia 18-35 Tahun)
2. Mampu membaca, menulis dan berhitung
3. Berasal dari keluara yang kurang mampu
4. Belum mempunyai pekerjaan
5. Diutamakan yang belum menikah
B. Instruktur
1. Yaitu orang yang berpengalaman dalam memberikan pelatihan-pelatihan IT dan komputer dan kami telah berkerjasama dengan pihak yang terkait
2. Dan Instruktur dari LP3I yang bergerak dibidang training IT
C. KURIKULUM DAN BAHAN YANG DIAJARKAN
KURIKULUM
No STANDART KOMPETENSI KOMPETENSI
DASAR MATERI
POKOK ALOKASI
WAKTU Ket
1 Aplikasi komputer 1.1 Pengenalan perangkat lunak dan keras komputer
*Evaluasi
** Praktek
1.2 Sistem operasi pada microsoft word dan excel
*Evaluasi
** Praktek
1.3 Penggunaan microsoft windows untuk lembar kerja microsoft word dan excel.
*Evaluasi
** Praktek 1.1 Pengenalan komputer
1.2 sistem
1.3 Penggunaan 4JP
2JP
2JP
6 JP
2 JP
2 JP
6 JP
2 JP
2 JP
2 Internet 2.1pengenalan perangkat intenet serta koneksinya.
* Evaluasi
** Praktek
2.2 Cara menelusuri informasi di internet dengan beberapa mesin pencari di internet
* Evaluasi
** Praktek
2.3 Melakukan Proses download pada internet
* Evaluasi
** praktek 2.1 Pengenalan
2.2 Jenis mesin pencari informasi di intenet
2.3Tahapan mendownload informasi di internet 6 JP
2 JP
2 JP
6 JP
2JP
2 JP
6 JP
2 JP
2 JP
NB : 1. JP = Jam pelajaran
2. Satu hari 8 jam pelajaran dengan rincian 4 jam digunakan untuk
teori, 2 jam untuk evaluasi 2 jam untuk praktek.
BAHAN AJAR
No KOMPETENSI
DASAR INDIKATOR TUJUAN
1. Pengenalan perangkat lunak dan keras komputer serta. 1.1 Siswa dapat menjelaskan secara rinci tentang unsur-unsur perangkat komputer baik perangkat keras maupun yang lunak.
1.2 Siswa diharapkan mampu membedakan perangkat lunak dan keras dan proses cara kerja unsur perangkat komputer baik yang keras maupun yang lunak.
1.3 Siswa dapat menjelaskan kegunaan dan kemudahan perangkat komputer.
* Evaluasi
** Praktek Siswa dapat memahami unsur perangkat komputer baik yang keras maupun yang lunak serta mengerti cara kerja perangkat komputer
2. Sistem operasi pada microsoft word dan excel
2.1 Siswa dapat menjelaskan secara rinci sistem operasi pada microsoft word dan excel.
2.2 Siswa dapat menjelaskan serta menjalakan sistem operasi microsoft word dan excel.
2.3 Dengan mempelajari sistem operasi microsoft word dn excel diharapkan pada siswa agar dapat bekerja dengan optimal dengan hasil yang lebih baik.
2.5 Dengan mempelajari sistem operasi microsoft word dan excel siswa diaharapkan bisa bekerja cepat, cermat dan akurat.
* Evaluasi
** Praktek Siswa dapat bekerja dengan baik,cermat,cepat dan optimal dengan hasil yang akurat.
3. Penggunaan microsoft windows untuk lembar kerja microsoft word dan excel.
3.1 Siswa diharapkan lebih baik dalam bekerja dengan menggunakan microsoft word dan excel disebabkan karena ia telah mengetahui sistem- sistem operasi word dan excel
3.2 Siswa diharapkan mampu mempergunakan dan menjalankan microsoft word dan excel.
3.3 Dengan mengetahui sistem operasi microsoft word dan excel, siswa dapat memanfaatkan waktu secara tepat dengan hasil yang maksimal.
* Evaluasi
** Praktek Siswa dapat lebih memahami sistem operasi microsoft word dan excel sehingga tidak menimbulkan kesusahanan kesukaran dalam bekerja menggunakan microsoft word dan exceldan bisa menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang ditentukan.
4. Pengenalan perangkat internet dan koneksinya 4.1 Siswa dapat menjelaskan secara rinci tentang unsur-unsur perangkat internet dan koneksinya.
4.2 Siswa diharapkan mampu membedakan perangkat internet dan koneksinya serta proses cara kerjanya.
4.3 Siswa dapat menjelaskan kegunaan dan kemudahan perangkat internet dan koneksinya.
* Evaluasi
** Praktek Siswa dapat memahami unsur perangkat internet dan koneksinya serta mengerti cara kerjanya
5. Cara menelusuri informasi di internet dengan beberapa mesin pencari di internet 5.1 Siswa dapat menjelaskan proses operasi penelusuran inforamasi dengan berbagai mesin pencari.
5.2 Siswa dapat menjelaskan serta menjalakan mesin pencari informasi yang ada di internet.
5.3 Dengan mempelajari cara penelusuran informasi dengan berbagai mesin pencari diharapkan dapat memudahkan siswa dalam mencari berbagai informasi di dunia maya
* Evaluasi
** Praktek Siswa dapat mudah bekerja dan mencari berbagai informasi di internet dan menjadi sebagai wahana untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet.
6. Melakukan Proses download pada internet
3.1 Siswa diharapkan untuk dapat mahir mendownload berbagai informasi
3.2 Siswa diharapkan mampu mempergunakan berbagai cara untuk mendowload informasi yang terdapat di internet
3.3 Dengan mengetahui proses download, siswa dapat memanfaatkan berbagai informasi untuk memudahkan mereka dalam bekerja
* Evaluasi
** Praktek Dapat memudahkan siswa dalam mencari informasi dan mengambil informasi di internet
D. ORGANISASI PENYELENGGARA
Organisasi Penyelenggara kegiatan ini adalah : Forum Pemuda Produktif
(FPP) Propinsi Aceh Dengan susunan pengurus sebagai berikut :
Ketua : Jalaluddin, M.Pd
Sekretaris : Irwansyah Putra, SP
Bendahara : Musriadi Aswad, S.Pd
Instruktur : 1. Tomi Ari Saputra
2. Teuku Sariyulis
E. TEMPAT PELAKSANAAN
Jl. Unmuha No 31 Batoh Lueng Bata Kota Banda Aceh.
BAB III
LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN
A. TAHAPAN PERSIAPAN
1. Merekrut Peserta yang telah memenuhi kriteria
2. Menetapkan Instruktur
3. Mengidentifikasikan perlatan yang dibutuhkan
4. Pengajuan Proposal
B. TAHAP PELAKSANAAN dan JADWAL PELKSANAAN
Proses pembelajaran akan diterapkan dengan sistem Kurikulum Tngkat Satuan Pembelajaran yang pembelajaran teorinya akan dimulai pada pukul 08.00 – 12.00 Wib, dengan materi berbeda sesuai dengan Rancangan Program Pembelajaran (RPP), satu materi akan disajikan antara 1- 2 jam pelajaran sesuai dengan banyaknya materi ajar.
Proses pembelajaran akan dilanjutkan pada pukul 14.00- 17.00 Wib, yang dipergunakan untuk materi tambahan (Jika ada), yang berkisar antara 30 – 45 menit, selebihnya dipergunakan untuk evaluasi dan praktek. Praktek disajikan antara 2- 2,5 jam sesuai dengan banyaknya waktu yang masih tersedia hingga pukul 17.00. Jadwal Pelaksanaan Terlampir
C. TAHAP TINDAK LANJUT
Melakukan pendampingan, Pembinaan dan pengawasan pasca pelatihan dilakukan sebagai bentuk akuntabilitas dan pencitraan bagi para pemuda yang telah melakukan training yang dilakukan melalui monitoring serta evaluasi yang meliputi aspek- aspek administrasi, managemen pelaksanaan kegiatan, tingkat pencapaian dan penggunaan anggaran Program Kewirausahaan Pemuda.Menyusun dan menyampaikan laporan.
D. PEMBENTUKAN UNIT USAHA
Proses Pembentukan Unit Usaha Mandiri ini dilakukan di Jln Kamboja Lr. Beringin II Gampong Lampulo Kec. Kuta Alam Kota Banda Aceh, dua minggu setelah program pelatihan keterampilan ini dan jumlah kelompok usaha adalah 2 kelompok dan dilakukan pendampingan selama 3 bulan
E. PENGELOLAAN
Pengelolaan pelatihan ini dilakukan oleh kelompok Organisasi Penyelenggara dengan bekerja sama dengan praktisi komputer dan instruktur. Kelompok Organisasi penyelenggara juga akan melakukan pendampingan hingga program ini berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat.
BAB IV
RENCANA PENGGUNAAN ANGGARAN
NO. URAIAN KEGIATAN VOLUME SATUAN BIAYA JUMLAH
A. Biaya operasional 32.750.000,-
1 Rekrutmen peserta 35 org x 5 hr 125 org 110,000 13.750.000
2 Transport instruktur 2 org 700,000 1,400,000
3 Modul dan bahan ajar 35 set 140,000 4.900,000
4 Bahan dan peralatan praktek 35 Set 180,000 6.300,000
6 Biaya pendampingan (2 org x 3 bln) 6 ob 300,000 1,800,000
7 Rapat persiapan 1 kali 500,000 500,000
8. Bahan produksi 1 klp 4,100,000 10,000,000
C. Biaya manajemen 2.250.000,-
1 Penyusunan proposal 1 paket 250,000 250,000
2 Penyusunan laporan 2 kali 250,000 250,000
3 Penyusunan success story 1 kali 250,000 250,000
4 Transport pengelola program 3 org 300,000 1.500,000
JUMLAH 35.000.000,-
BAB V
PENUTUP
Berdasarkan latar belakang masalah, prospek, keadaan-keadaan yang diinginkan dan rencana-rencana di atas, maka dapat di ambil beberapa kesimpulan sebagai berikut :
a. Dalam rangka pelaksanaan pengembangan masyarakat di Banda Aceh Dengan sasaran utama adalah meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin.
b. Prospek keadaan masyarakat yang sangat menjanjikan keuntungan dan sangat cocok untuk pengembangan usaha rental komputer
c. Forum Pemuda Produktif Propinsi Aceh sangat mengharapkan bantuan dari berbagai pihak untuk membantu proses pengembangan dan penguatn keterampilan masyarakat di Banda Aceh
KATA PENGANTAR
Bismillahrrahmanirrahim
Puji syukur kita panjatkan kehadhirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan nikmat Iman dan Islam serta telah memberikan kesempatan dan kesehatan kepada kita semua untuk dapat beraktifitas sebagai mana mestinya. Shalawat teriring Salam kita sanjung sajikan kepada Baginda Rasulullh SAW.yang telah merubah peradaban Umat manusia, dan yang telah merubah pola fikir umat dari alam kebodohan kealam yang penuh dengan Ilmu Pengetahuan, sebagaimana yang telah kita rasakan pada saat ini.
Penyusunan proposal kegiatan pelatihan keterampilan komputer ini, didasari banyaknya angka pengangguran dan cepatnya perubahan dunia teknologi informasi serta komputerisasi dan kepedulian terhadap lingkungan masyarakat terutama pemuda yang belum mempunyai pekerjaan yang tetap dan keterampilan bidang komputer serta dapat menekan tingginya angka pengangguran di Indonesia pada umumnya dan Aceh pada khususnya.serta tingginya permintaan pasar dibidang jasa ini, terutma di daerah yang dekat dengan kampus, sekolah menengah atas dan sekolah menengah tingkat pertama serta daerah keramaian terutama perkantoran, pasar dan lain sebagainya sedangkan tenaga ahli sangat kurang khususnya di Banda Aceh. Serta didukung pula oleh potensi para pemuda- pemuda yang dilatih yang mempunyai keinginan yang kuat untuk menjadi tenaga ahli dalam bidang keterampilan komputer dan internet.
Berkaitan dengan hal tersebut diatas maka organisasi Forum Pemuda Produktif berkeinginan untuk dapat terus menciptakan karakteristik pemuda yang ahli dalam bidang komputer dan internet. Besar harapan kami kiranya proposal kegiatan keterampilan ini disetujui hendaknya. Amin.
Wassalam
Banda Aceh, 18 Agustus 2009
Forum Pemuda Produktif
(FPP) Propinsi Aceh
Jalaluddin, M.Pd
Ketua
PROPOSAL
PROGRAM LIFE SKILL PEMUDA PRODUKTIF
Bidang : Pelatihan Komputer
Bagi
Pemuda Putus Sekolah Banda Aceh
FPP PROVINSI ACEH
Diajukan oleh :
FORUM PEMUDA PRODUKTI (FPP)
PROPINSI ACEH
Jln. Kamboja Lr. Beringin II Gampong Lampulo
Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh
085260105634/081360010330
Jawdal Rencana Pembelajaran
No Kegiatan Pertemuan
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
1. Pengenalan perangkat X
komputer software dan
Hardware
2 sitem operasi pada X
microsoft word dan
Excel
3. microsoft windows dan x
lembar kerja microsoft word
a.) Penngaturan margin,spasi
dan efek huruf
b.)Menyunting dokumen
microsoft word
4 Mencari dan mengganti x
(replace,subscript,supercript)
5 Membuat tabel X
6 Program pendukung kompatibel X
microsoft word (equation)
dan memasukkan simbol
7 Word Printing x
8 microsoft windows dan x
lembar kerja microsoft excel
a.) membuka MS.excel
b.) mengeset tabel
c.) operasi penjumlahan
pengurangan,perkalian
dan pembagian
9 Printing dalam MS.Excel x
10 pengenalan perangkat X
dan koneksinya
11 proses pencarian inforamsi
12 proses Mendowload informasi x
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR i
BAB I PENDAHULUAN 1
A. LATAR BELAKANG MASALAH 1
B. SASARAN 2
C. TUJUAN 2
D. HASIL YANG DIHARAPKAN 2
BAB II RUANG LINGKUP PROGRAM 3
A. PESERTA PROGRAM 3
B. INSTRUKTUR 3
C. KURIKULUM YANG DIAJARKAN 3
D. ORGANISASI PENYELENGGARA 8
E. TEMPAT PELAKSANAAN 8
BAB III LANGKAH PELAKSANAA 9
A. TAHAP PERSIAPAN 9
B. TAHAP PELAKSANAAN dan JADWAL PELAKSANAAN 9
C. TAHAP TINDAK LANJUT 9
E. PEMBENTUKAN UNIT USAHA 9
F. PENGELOLAAN 10
BAB IV RENCANA PENGGUNAAN ANGGARAN 11
BAB V PENUTUP 12
Tidak ada komentar:
Posting Komentar